Drone Google Bakal Jadi Penghantar Barang di Tahun 2017


Tak puas dengan kesuksesan Project Loon, kini Google sedang mengerjakan Project Wing, yang nantinya digunakan untuk penghantar barang pesanan. Yang saat ini Project Wing dalam tahap pengujian. Google berniat Project Wing bisa beroperasi pada Tahun 2017 mendatang.
Project Wing sendiri nantinya akan terbang dengan ketinggian rendah, maksimal ketinggian drone milik Google ini tidak lebih dari 14.500 kaki atau 4419 mdpl yang menjadikannya tergolong dalam kategori low-altitude. Ketinggian tersebut merupakan standar penerbangan class G untuk benda terbang semacam UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau drone yang boleh terbang melintasi permukiman atau perkotaan.
Sejatinya UAV dan drone merupakan jenis perangkat yang sama, namun pada kenyataanya peraturan tersebut tidak berlaku untuk drone komersial termasuk Project Wing miliki Google ini. Kabarnya, pihak Google sendiri sedang melobi Federal Aviation Administration (FAA) agar Project Wing mendapatkan ijin untuk terbang di ketinggian class G.
Google pun juga berharap bahwa nantinya drone-drone miliknya juga dapat terpantau melalui sistem pantauan udara. Hal ini bertujuan agar drone-drone milik Google tetap dalam pantauan karena tugasnya sebagai kurir adalah mengirim barang pesanan kepada konsumen.
Selain Google, perusahaan lain seperti Amazon juga telah mengembangkan drone sebagai kurir untuk mengirimkan barang. Amazon sendiri menamai drone miliknya itu dengan sebutan PrimeAir. Namun kedua proyek ini memiliki desain yang berbeda, jika Project Wing memiliki desain seperti UAV yang dapat terbang secara horizontal dengan kecepatan yang lebih tinggi, berbeda dengan PrimeAir yang memiliki desain layaknya drone pada umumnya.
Kedua proyek dari perusahaan besar Amerika Serikat ini sama-sama telah memasuki tahap pengujian dan pengembangan.
Drone Google Bakal Jadi Penghantar Barang di Tahun 2017 Drone Google Bakal Jadi Penghantar Barang di Tahun 2017 Reviewed by Unknown on 05:54 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.