Balon pintar Google Di Indonesia ? Buat apa ?


Ternyata Google membuat  mengumumkan penandatanganan kerja sama peningkatan akses internet di wilayah Indonesia dengan tiga operator telekomunikasi seluler Indonesia, yaitu XL Axiata, Indosat, dan Telkomsel. Google akan menyediakan balon pintar, Project Loon, untuk dapat menghubungkan 100 juta penduduk Indonesia. Rencananya balon pintar Google ini akan diluncurkan pada tahun 2016 depan.

Dalam pengumumannya di blog Google, Vice President Project Loon, Mike Cassidy menuliskan ia berharap ke depan proyek balon pintar ini bisa bermitra dengan penyedia lokal dalam membangun koneksi internet kecepatan tinggi berbasis Long Term Evolution (LTE). 

Dengan balon pintar itu, Google akan mengambil sinyal yang dihasilkan oleh operator seluler Indonesia dan kemudian mendistribusikan sinyal itu menembus langit. Google menyebutkan balon pintar akan terbang pada ketinggian 20 Km di atas jalur pesawat terbang komersil. 

Kemudian, kata Google, sinyal bisa memantul di antara berbagai balon dan menyelimuti area Indonesia yang dinyatakan mati. Penguna ponsel di daratan akan bisa menerima sinyal dari balon pontar itu layaknya jaringan Wi-Fi. 

The Verge menuliskan kecepatan unduhan akses internet balon pintar ini akan mencapai 10 Mbps, atau hanya 1 Mbps di bawah kecepatan rata-rata internet di AS pada Agustus 2015. 

Cassidy menyebutkan upaya lainnya yaitu Google merilis YouTube offline, meningkatkan fungsi Google Translate dan layanan Google Street View untk merekam lokasi wisata dan wilayah di Indonesia.

Menarik bukan, Penduduk Indonesia jadi bisa Internetn menggunakan balon Pintar Google ini dimanapun. Kita tunggu saja peluncurannya :D

Terimakasih atas kunjungannya, nantikan Informasi perkembangan teknologi selanjutnya...
Balon pintar Google Di Indonesia ? Buat apa ? Balon pintar Google Di Indonesia ? Buat apa ? Reviewed by Unknown on 18:49 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.